Posted by: Kraton Furniture Batik ( mebel batik ) | July 4, 2011

Makna dan Kapan Menggunakan Motif Batik

Makna dan Kapan Digunakan Motif

Kita mengetahui bahwa masih banyak motif jarik klasik Jawa yang memiliki nilai magis dan sakral tertentu. Dua faktor yang pada awal pembuatannya bisa disertakan melalui beberapa tahapan upacara yang dilakukan baik oleh si pemBatik maupun oleh sang pencipta motif itu sendiri.

Upacara ini tentunya sangat berhubungan erat dengan aliran Kejawen. Suatu aliran yang para pemeluknya mempercayai bahwa di balik agama yang

dianutnya masih terdapat kekuatan dan kekuasaan lainnya dalam alam semesta ini. Dengan melalui tahapan  lelaku yang dibimbing oleh guru ahlinya, kita bisa mempelajarinya.

Lelaku ini mereka wujudkan dalam bentuk berpuasa dan mengurangi diri untuk mengkonsumsi makanan, minuman, dan berbagai kesenangan duniawi lainnya. Bahkan di antara mereka ada yang mengurangi/ mengundurkan waktu tidurnya. Seperti yang sering dilakukan oleh kebanyakan para orang tua kita. Dan mereka juga sering bersemedi di tengah malam. Hal ini tentunya dilakukan untuk mendapatkan suatu «bisikan» tentang motif yang akan diciptakannya.

Berikut ini saya sertakan sebuah motif batik klassik :

Motif Kembang Kanthil.

Nama Kembang Kanthil mengandung arti : Kembang = bunga ; Kanthil = ikut, nempel, lengket.

Batik motif  Kembang Kanthil latar pethak

Sebuah kain batik dengan motif Kembang Kanthil /Kenanga latar pethak, terlukiskan bunga Kanthil/Kenanga yang saling bergandengan/ berkaitan satu dengan yang lainnya. Banyak sekali «cecek» halus yang menjadi isen dalam «bloemblad»/ lidah/ daun bunga.

Kain batik dengan motif Kembang Kanthil dilukiskan dalam alur seperti kain batik motif Parang. Miring, dan paralel dalam posisi plus minus 45 derajat. Dalam pemakaiannya arah Kembang Kanthil ini harus selalu merunduk menghadap ke bawah, seperti yang terlihat dalam foto . Hal ini juga bermakna bahwa walaupun si pemakai sewangi dan seindah seperti bermekarannya bunga Kanthil/Kenanga, tetapi dia harus tetap merunduk /sederhana dalam kehidupannya sehari-hari.

Ini juga memberikan makna bahwa pemakainya seorang yang rendah hati dan mengenal etika pergaulan. Makna lain dari batik motif ini adalah agar pemakainya dalam pergaulan disenangi dan disayangi oleh sesamanya karena kesederhanaannya.

Salah satu motif batik lain adalah batik motif Udhan Liris.

Motif Udhan Liris.

Batik motif Udhan Liris (Udhan Riris) – Hujan gerimis

Dalam motif Udhan Liris terdapat berbagai jenis motif, misalnya motif dengan patroon  geometris yang termasuk dalam motif lereng (motif lereng adalah motif Parang hanya antar satu patroon dengan yang lainnya tidak ada motif pembatasnya). Semuanya disusun berdampingan membentuk seperti garis diagonal.  Dalam motif Udhan Liris bisa disusun beberapa motif secara paralel/ berjejeran.

Misalnya dalam motif Udhan Liris di atas terdapat susunan yang terdiri dari motif, Setengah Kawung, Banji, Sawut, Mlinjon, Tritis, yang diatur diagonal memanjang ini bermakna pengharapan agar pemakainya dapat selamat sejahtera, tabah dan berprakarsa dalam menunaikan kewajiban dalam kehidupannya sehari-hari.

Motif  Udhan Liris ini yang memiliki kesamaan arti dengan hujan gerimis bagi dunia perbatikan secara ringkas bermakna  menyejukkan udara/ suasana dan juga melambangkan kesuburan.

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap motif pada awalnya dibatik, disesuaikan dengan kedudukan, kesempatan, si pemakainya. Dalam perkembangannya sudah banyak sekali motif-motif batik yang bisa dengan bebas kita miliki. Kita dapat juga melihat bahwa dalam kehidupan sehari-hari ternyata setiap motif hanya dikenakan dalam kesempatan dan kadang diperuntukkan hanya bagi pemakai tertentu. Motif-motif dalam batik dapat kita temukan pemakaiannya terutama dalam kesempatan yang ada hubungannya dengan upacara adat dengan tahapan yang ada dalam kehidupannya, seperti misalnya dalam upacara, kehamilan, kelahiran, pernikahan dan dalam upacara lelayu.

sumber : baltyra.com

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: