Posted by: Kraton Furniture Batik ( mebel batik ) | July 4, 2011

Mengenal Motif Batik (1)

Pada awalnya motif-motif batik juga diciptakan  menurut fungsi dari para pemakainya dalam kehidupan sehari-harinya. Jadi. sangatlah mungkin kalau dari suatu motif akan dapat dikenali dari keluarga mana si pemakainya berasal.

Misalnya motif-motif Parang Barong yang pada awalnya hanya digunakan oleh para Raja. Motif Parang sesungguhnya menggambarkan

senjata, kekuasaan. Selaras dengan makna yang ada dalam motif Parang Barong, maka Ksatria yang menggunakan batik ini bisa berlipat kekuatannya.

parang baron

Parang Barong, pernah dipakai eyang kakung jadul. Bahan morinya sudah sangat halus/ lembut Dalam perkembangan selanjutnya motif ini  juga dkenakan oleh para wanita.

Atau kain batik yang digunakan dalam upacara pernikahan adat Jawa saat ini, seperti motif kain batik: Ukel,  Semen Rama;  Semen Raja, pada awalnya  juga hanya dikenakan oleh keluarga kesultanan. Hanya digunakan dalam kesempatan tertentu saja.

Motif Ukel

Dalam perkembangan selanjutnya pembatasan itu menjadi pudar. Banyak dari keluarga orang yang berstatus tinggi dan orang berpunya di Indonesia juga ingin meniru apa yang terjadi dalam keluarga kesultanan. Dan pembatasan yang pada awalnya begitu ketat, tidak dapat mengatasi masuknya pengaruh luar yang begitu gencar. Dan seperti yang kita lihat saat ini, banyak upacara pernikahan adat Jawa dalam  masyarakat Indonesia yang menggunakan upacara pernikahan adat keraton  dengan perlengkapan dan tahapan upacara yang cukup lengkap.

Bahkan  beberapa motif batik tradisional yang biasanya hanya dipakai oleh keluarga keraton baik dari keraton Yogya  maupun dari keraton Surakarta lambat laun juga sudah mulai bisa dimiliki oleh “setiap” orang yang ingin memilikinya.

Motif batik klasik Jawa.

Bledhak Pethak. (=figur-figur besar berlatar putih)

Semen Klewer (=motif yang bergantungan, kleweran)

Jarik motif gulang galing, merupakan perpaduan anatara motif parang dengan motif gringsing (insang ikan).

Masing-masing motif memiliki ciri-ciri, arti dan makna serta nama tersendiri. Faktor-faktor ini memiliki hubungan yang erat dengan fungsi dan pemakaian batik dalam kehidupan sehari-hari.

sumber : baltyra.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: