Posted by: Kraton Furniture Batik ( mebel batik ) | August 5, 2011

MOTIF BATIK DI MONUMEN BATIK YOGYAKARTA (PART 3)

Hima Krendha

Motif Hima Krendha termasuk dalam pola semen. Berasal dari kata ima (hima) yang berarti awan/mendung/salju yang terlihat lembut dan Krendha yang berarti peti mati. Motif ini bermakna agar tidak menyepelekan yang lemah karena apabila sudah terhimpun menjadi satu akan menjadi kekuatan yang sangat dahsyat. Dahulu dikenakan oleh para pemuka agama dan sebagai blangkon panji atau pemimpin prajurit Wirabraja.

Motif Hima Krendha

Semen Ageng

Motif Semen Ageng termasuk dalam pola semen dengan ornamen pokok garuda, melambangkan kuasa dan sumber hidup, serta meru (gunung) menggambarkan kedudukan tinggi sebagai lambang keadilan. Semen Ageng melambangkan kepemimpinan yang baik, berbudi luhur, adil, tabah dalam menghadapi segala rintangan, mengayomi rakyat, lingkungan, dan alam sekitarnya. Dahulu merupakan motif larangan yang hanya dikenakan raja dan keluarganya.

Motif Semen Ageng

Sida Asih

Motif Sida Asih gaya Yogyakarta termasuk dalam pola semen. Sida berarti “menjadi”, sedangkan Asih berarti kasih saying. Sida Asih melambangkan harapan hidup penuh kasih saying dalam suka dan duka dengan landasan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Motif ini dikenakan pada upacara daur hidup seperti pernikahan, mitoni, tetesan, supitan, dan terapan.

Motif Sida Asih

Sida Mukti

Motif Sida Mukti gaya Yogyakarta termasuk dalam pola semen. Sida berarti menjadi, sedangkan mukti berarti mulia. Sida Mukti melambangkan harapan hidup menjadi kecukupan, bahagia lahir batin. Motif ini dikenakan pada upacara daur hidup seperti pernikahan, mitoni, tetesan, supitan, dan terapan.

Motif Sida Mukti

Semen Sinom

Motif Semen Sinom termasuk dalam pola semen. Semen berasal dari kata semi (tumbuh), sedangkan sinom berasal dari kata isih enom berarti muda. Semen Sinom mempunyai makna harapan kepada generasi muda untuk menjalani kehidupan yang lebih baik sebagaimana tunas yang baru tumbuh segar penuh semangat menatap masa depan. Umumnya dikenakan oleh para remaja dan yang berjiwa muda.

Motif Semen Sinom

Sumber : Monumen Batik Yogyakarta


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: